Algoritma Pemrograman: Simulator

Visualisasi konsep algoritma dasar secara interaktif.

← Kembali ke Dashboard

Simulator Ember - Menukar Isi Dua Ember

Memahami konsep variabel dan variabel sementara dalam algoritma

Air Merah (Ember A)
Air Biru (Ember B)

Simulator Ember

Ember A
Kapasitas: 5L
5L
Ember B
Kapasitas: 5L
5L
Ember C
Kapasitas: 5L
0L
Tujuan: Menukar isi Ember A (air merah) dengan Ember B (air biru) menggunakan Ember C sebagai variabel sementara

Algoritma Penukaran Isi Ember

Mulai: Ember A berisi air merah, Ember B berisi air biru, Ember C kosong

Visualisasi Flowchart

Mulai
Tuang A → C
Tuang B → A
Tuang C → B
Selesai

Langkah-Langkah Algoritma untuk Menukar Isi Dua Ember

  1. Siapkan Ember C (variabel sementara) - Pastikan Ember C dalam keadaan kosong
  2. Pindahkan isi Ember A ke Ember C - Sekarang Ember A kosong, Ember C berisi air merah
  3. Pindahkan isi Ember B ke Ember A - Sekarang Ember A berisi air biru, Ember B kosong
  4. Pindahkan isi Ember C ke Ember B - Sekarang Ember B berisi air merah, Ember C kosong

Hasil akhir: Ember A berisi air biru dan Ember B berisi air merah. Isi kedua ember telah bertukar.

Hubungan dengan Algoritma Pemrograman

  • Ember sebagai variabel: Setiap ember berfungsi sebagai variabel, yaitu tempat penyimpanan data (air)
  • Isi ember sebagai nilai: Isi ember mewakili nilai dari variabel tersebut
  • Ember C sebagai variabel sementara: Ember C berfungsi sebagai variabel temporer yang dibutuhkan untuk menyimpan data sementara saat proses pertukaran
  • Langkah-langkah sebagai instruksi: Setiap langkah yang dilakukan adalah instruksi yang terstruktur dalam algoritma